Belajar Digital Marketing Library : Pengalaman dan Manfaatnya



Halo Semuanya ! Apa Kabar? Semoga selalu sehat dan bahagia yaa ……

Di semester 5 ini, aku mendapatkan mata kuliah Digital Marketing Library. Jadi, aku mau share nih ke kalian tentang Digital Marketing Library dan pengalaman ku mempelajari ini. Sebelumnya yuk kita ketahui terlebih dahulu, apa itu Digital Marketing itu?

DIGITAL MARKETING LIBRARY

Digital marketing adalah salah satu metode marketing (pemasaran) yang sudah menggunakan digital. Artinya dalam digital marketing itu sudah by devices dan dalam mengaksesnya pun tidak perlu lagi dengan cara memegang seperti majalah, koran dan sebagainya. Tetapi dengan cara dilihat seperti TV, Video tron maupun LED. Oleh karena itu, dalam digital marketing kita tidak perlu lagi membuat printed desaign. Digital marketing juga mengacu pada penggunaan saluran digital, perangkat dan platform yang berarti tidak hanya terbatas pada penggunaan internet saja. 

Terus apa bedanya dengan Digital Marketing Library?

Sama kok, Digital Marketing Library itu merupakan penerapan Digital Marketing di Perpustakaan dan membicarakan bagaimana perpustakaan memasarkan atau mempromosikan jasanya melalui Platform digital.

PENGALAMAN BELAJAR DIGITAL MARKETING LIBRARY 

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam melakukan Digital Marketing adalah membuat Website yang nantinya akan menjadi sebuah rumah bagi informasi yang akan kita bagikan terkait bisnis, produk atau jasa kita.


Di mata kuliah ini, aku mendapatkan sebuah tugas untuk membuat sebuah website melalui blogger. Untuk membuat sebuah blogger menurutku cukup mudah, hanya dengan menggunakan email pribadi maka akun blogger sudah terbentuk. Namun, tampilannya masih default sehingga kita harus mendesain dan mengkreasikannya sendiri. 

Dalam mendesain tampilan blog juga cukup mudah menurutku. Hanya sesaat mengalami kebingungan dalam memilih tema yang cocok untuk blog, banyak sekali tema-tema yang menarik dan bagus. Ada beberapa tema yang harus menggunakan kode HTML dalam mensetting menu dan widget nya. Namun karena sebelumnya aku sudah pernah belajar mengenai HTML jadi tidak terlalu sulit untuk mengatasinya.

Kesulitan aku alami ketika mendapatkan tugas untuk membuat sebuah konten untuk blog. Aku suka menulis tapi terkait dengan tulisan yang tidak resmi dan untuk menulis dan memposting nya di blog aku kurang percaya diri. Disini aku sempat mengalami kebingungan yang cukup lama untuk menentukan konten apa yang akan aku posting di blog. Sampai akhirnya setelah 2 atau 3 hari aku menemukan sebuah thread di twitter mengenai tata cara penggunaan suatu aplikasi menggambar yang aku kira cocok karena aku juga suka menggambar. Thread tersebut menginspirasi aku untuk menjadi konten di blog terkait informasi dari suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk menggambar secara digital.

Dalam mempromosikan blog saya dan informasi nya ke media sosial saya melakukannya dengan dua cara. Cara pertama saya lakukan secara manual dengan mengajak teman-teman terdekat saya untuk mengunjungi dan berkomentar terkait artikel atau tampilan blog saya, saya juga meposting broadcast terkait blog saya ke media sosial WhatsApp, Instagram dan Twitter. Cara kedua saya lakukan dengan mencoba teknik SEO (Search Engine Optimization) menggunakan google console baik itu pada bloggernya maupun pada artikelnya.

Tugas-tugas mata kuliah yang diberikan itu membuatku belajar banyak hal baru yang tidak pernah aku ketahui sebelumnya dan tentunya meningkatkan skill dan pengetahuanku bukan hanya tentang cara memasarkan sesuatu (marketing) tetapi juga mambuat, mendesain sebuah blog yang mungkin bagi sebagian orang belum tentu bisa melakukannya. Ada rasa bangga terhadap diri sendiri ketika berhasil membuat dan mengerjakan itu semua. Kesulitan-kesulitan yang aku alami tidak aku anggap sebagai hambatan, tetapi aku anggap sebagai tantangan untuk terus mempelajari lebih dalam lagi. 

Dan Alhamdulillah nya dosen dari Mata Kuliah Digital Marketing Library, Bapak Muhammad Azwar. memberikan materi – materi dan video tutorial terkait membuat, mendesain, mengelola dan membuat informasi serta mempromosikannya ke media sosial dan juga teknik SEO yang sangat membantu aku dalam mengerjakan tugas tugas dan mengatasi kesulitan yang aku alami.

MANFAAT BELAJAR DIGITAL MARKETING LIBRARY

Menurutku, Mata kuliah ini dan tugas-tugas yang di berikan akan sangat bermanfaat bagiku kedepannya apalagi untuk karier aku kedepannya. Karena nantinya akan menjadi pustakawan, maka dengan adanya m ata kuliah dan tugas tugas ini mampu membuat aku, bukan hanya menguasai dunia perpustakaan dan kearsipan saja tetapi juga dunia digital dan teknologi informasi yang sedang berkembang saat ini.

Sebagai pustakawan nantinya pasti akan muncul tantangan-tantangan baru yaitu saat dunia teknologi informasi berkembang maka perpustakaan akan dituntut untuk terjun ke dunia digital. Hal itulah yang akan menjadi tantangan bagi pustakawan, bagaimana membawa perpustakaan yang di kelolanya untuk ikut terjun ke dunia digital, mampu bersaing dan mampu mempertahankan bisnis nya yaitu memberikan informasi kepada penggunanya secara digital.

KESIMPULAN

Belajar mengenai Digital Marketing Library sangat bermanfaat terutama bagi diri sendri dalam meningkatkan kualitan dan skill untuk kedepannya. bukan hanya mempelajari bagaimana cara marketing tetapi juga mempelajari bagaimana cara membuat sebuah rumah (website, blog) untuk bisnis, produk atau jasa yang akan kita promosikan. Dapat kita ketahui bahwa dalam belajar pasti terdapat kesulitan dan kendala, tetapi aku mengganggap semua itu menjadi tantangan tersendiri agar aku bisa belajar lebih dalam untuk mengatasi tantangan tersebut.




20 komentar:

  1. kerenn dan bermanfaat sekali kakk

    BalasHapus
  2. Makasih ya udah berbagi pengalaman nya, pengalamannya bisa jadi petunjuk arah buat orang-orang baru mau mulai bikin blog, semangatttt yaa semoga lancar dan sukses teruss!!!

    BalasHapus
  3. Wah, makasih ya udah sharing pengalamannya. Keren banget!!!

    BalasHapus
  4. Semangat ngembangin blog nya Jara, terimakasih pengalamannya keren bangettt

    BalasHapus
  5. Terima kasih sharing pengalaman yang bermanfaat ini, semangat untuk mengembangkan blog nya ya

    BalasHapus
  6. setujuu bgt sama kamuuu, kalau ada kesulitan jgn anggap itu sbg hambatan, tapi jadikan tantangan untuk belajar lebih dalam lagi. thankyou ra udh sharing pengalamannya, keren banget! semangat teruuusss

    BalasHapus
  7. Wahhhh sangat bermanfaat pengalamannya terimakasih ajahra sudah sharing pengalamannya

    BalasHapus
  8. waah keren jaraa, semangat terus nge-blogging nyaa ✨

    BalasHapus
  9. wiii makasih jara udh berbagi pengalaman, sukses teruss

    BalasHapus
  10. Terima Kasih atas sharing pengalamannya terkait digital marketing

    BalasHapus
  11. Menarik. Thanks yaa udah sharing pengalamannya

    BalasHapus
  12. waww keren banget sharingnya, banyak hal positif yg bisa diambil, makasih yaaa zahra!

    BalasHapus
  13. Masya Allah, Sangat bermanfaat. Semangat ngeblognya, Zar. 🥰

    BalasHapus
  14. bermanfaat banget sharingnyaa, terus semangat ngeblog nya zahraaa

    BalasHapus
  15. waahhh asiikkk ya pengalamannyaa, hwaitingg jaraaa

    BalasHapus
  16. kereennn seru banget! semnagat teru zahra ngeblog dan promosinyaa

    BalasHapus
  17. kereenn!! Semangat terus azzahra ngeblognyaa

    BalasHapus
  18. Terima kasih sudah berbagi pengalaman. Semangat terus belajarnyaa

    BalasHapus
  19. Terima kasih kak, share pengalamannya yang inspiratif

    BalasHapus